Punya Pertanyaan? ?

Artikel

GERD, Akibat Asam Lambung yang Disepelekan

29 Agustus 2022
GERD, Akibat Asam Lambung yang Disepelekan

Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang masih sering diabaikan. Hal ini karena masih banyak Sobat Sehat yang menganggap jika gerd bisa hilang sendirinya.

Kebiasaan mengabaikan asam lambung yang tinggi inilah, yang perlahan- lahan menyebabkan kondisi lambung semakin tidak normal, bahkan menyebabkan gangguan kesehatan lain. Gerd salah satunya

 

GERD atau gastroesophageal reflux disease yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan akibat melemahnya katup pada bagian bawah kerongkongan. Normalnya, katup kerongkongan akan tertutup rapat dan hanya terbuka saat ada makanan yang masuk. Namun pada penderita gerd, katup bisa terbuka kapan saja. Jika terus dibiarkan, asam lambung akan mengiritasi bagian kerongkongan hingga terjadinya radang. 

 

Gerd merupakan penyakit lanjutan dari asam lambung, oleh karena itu gejalanya juga tidak jauh berbeda. Namun ada beberapa gejala yang menunjukkan keparahan Gerd, yaitu:

 

  • Nyeri di ulu hati, sesak napas hingga dada terasa berat

  • Kesulitan menelan seperti ada benjolan pada tenggorokan

  • Batuk terus menerus

  • Suara sesak

  • Mual, muntah dan tidak nafsu makan

  • Bau mulut dan gigi mudah berlubang

  • Gangguan kecemasan dan susah tidur

 

Banyak yang salah mengartikan gejala Gerd sebagai gejala penyakit jantung karena memiliki kesamaan gejala nyeri dada, namun terdapat perbedaan di dua penyakit tersebut. Jika penyakit jantung, nyeri dada sangat berat, menjalar hingga lengan, leher hingga rahang. Namun jika nyeri dada akibat Gerd terasa seperti perih pada bagian perut yang akan semakin parah saat berbaring, dan disertai adanya rasa asam dimulut. 

 

Gerd bisa dicegah, salah satunya dengan menjaga pola dan porsi makanan. Hal ini menjadi penting karena jika pola dan porsi makan Sobat Sehat tepat, maka asam lambung dapat digunakan secara maksimal untuk memproses makanan, sehingga tidak menyerang organ lain. 

 

Selain itu, perlu tambahan konsumsi Stowel Capsule saat sobat sehat sudah memiliki gejala seperti sering kembung, mual ataupun maag. Stowel Capsule mampu membantu mengontrol jumlah asam lambung dan mengurangi resiko asam lambung naik. Gunakan Stowel Capsule sebagai asupan nutrisi harian lambung Anda. Jangan tunggu sakit.