Punya Pertanyaan? ?

Artikel

4 Fakta Asam Lambung yang Perlu Kamu Ketahui

7 April 2022
4 Fakta Asam Lambung yang Perlu Kamu Ketahui

Setiap makanan yang masuk ketubuh, bukan hanya dihancurkan di dalam mulut, namun juga proses di berbagai organ pencernaan. Salah satu organ penting dalam pencernaan adalah lambung.

Lambung menjadi tempat pertama untuk menghancurkan seluruh makanan yang masuk, agar kemudian dapat diproses dan dicerna oleh organ- organ lainnya. Peran kerja lambung ini tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya cairan asam lambung.

 

Cairan asam lambung sangat penting dalam proses pencernaan makanan. Berikut 4 fakta tentang cairan asam lambung:

  1. Kuat menghancurkan metal

Tingkat keasaman asam lambung yang sangat kuat (1-3 pH) membuat benda yang masuk ke dalam perut dapat hancur, termasuk metal sekalipun.

  1. Diproduksi sekitar 2 liter per hari

Semakin besar pola makan maka semakin banyak asam lambung juga. Dan normalnya lambung akan memproduksi 1.5 – 2 liter asam lambung perharinya.

Jika biasanya seseorang mengkonsumsi makanan satu porsi per hari. Kemudian melakukan program diet sehingga porsi makannya mendadak berkurang. Jumlah asam lambung yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah makanan yang masuk. Tak heran jika seseorang yang melakukan program diet ketat, cenderung terkena masalah asam lambung.

  1. Lapisan dinding lambung terus diperbarui

Untuk melindungi diri dari dampak korosif asam, terdapat pelindung pada dinding lambung yang terdiri dari lendir tebal dan akan diperbarui setiap 2 minggu.

  1. Asam Lambung berbahaya jika keluar dari lambung

Karena sifat keasamannya yang tinggi, makan cairan asam lambung dapat mengkorosi jaringan dari organ lain.