Punya Pertanyaan? ?

Artikel

7 Gejala Stroke Ringan yang Tak Bisa Diabaikan

3 Agustus 2022
7 Gejala Stroke Ringan yang Tak Bisa Diabaikan

Stroke merupakan satu dari lima penyakit kardiovaskular yang mematikan. Mengapa Stroke masuk dalam golongan penyakit pembuluh darah?

Secara umum, stroke disebabkan oleh dua penyebab utama. Yaitu penyumbatan pada pembuluh darah arteri (stroke iskemik) dan stroke akibat pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Hal inilah yang menyebabkan stroke masuk dalam salah satu penyakit kardiovaskular. 

 

Pada masyarakat umum, ada istilah yang menyebutkan stroke ringan. Hal ini terjadi karena gejalanya sama dengan stroke pada umumnya, namun pada kasus stroke ringan, gejala yang dialami berlangsung hanya beberapa saat saja dan akan hilang sendirinya. Namun apabila tidak segera disadari dan diobati, bisa semakin parah. 

 

Berdasarkan National Institute of Health - MedlinePlus, beberapa gejala stroke ringan yang paling sering dialami adalah:

  1. Penurunan tingkat konsentrasi seperti mengantuk hingga tidak sadarkan diri

  2. Penurunan pada indera pendengaran, penglihatan, perasa dan kurang sensitif terhadap sentuhan

  3. Menurunnya kemampuan berkomunikasi seperti kesulitan berbicara, memahami orang, merasa kebingungan, dan hilang ingatan.  

  4. Masalah pada saraf yang ditandai dengan mati rasa atau kesemutan pada beberapa bagian tubuh.

  5. Kelemahan otot, kesulitan berjalan, dan menelan

  6. Kehilangan keseimbangan dan tubuh seperti melayang

  7. Menurunnya kontrol kandung kemih dan usus sehingga kesulitan mengontrol saat ingin BAB atau BAK

Umumnya stroke ringan terjadi akibat gumpalan berukuran kecil berupa lemak atau gelembung udara yang menghambat aliran darah ke otak. Kekurangan nutrisi dan oksigen pada otak inilah yang menyebabkan gangguan fungsi otak. 

Sekitar 70% gejala stroke ringan terjadi kurang dari 10 menit. Hal ini terjadi karena gumpalan akan hancur dengan sendirinya. Namun jika terus diabaikan, hal ini bisa menjadi masalah yang lebih serius. Karena penyumbatan bisa terjadi lebih sering atau bahkan bisa menghambat pembuluh darah otak sepenuhnya. 

Sebelum terlambat, lakukan pencegahan dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan konsumsi Relief Granules. Memiliki fungsi utama menambah suplai oksigen ke otak dan memperbaiki mikrosirkulasi pada otak. Sehingga Relief Granules mampu mencegah dan mengobati stroke. Tunggu apalagi, mulai konsumsi dari sekarang!