Punya Pertanyaan? ?

Artikel

Ketahui Manfaat Konsumsi Obat Secara Sublingual

2 April 2022
Ketahui Manfaat Konsumsi Obat Secara Sublingual

Sebagian besar obat dikonsumsi dengan diminum melalui oral. Namun sebenarnya terdapat cara lain untuk menggunakan obat tergantung bentuk dan jenis obat itu sendiri. Mulai dari disuntikkan di pembuluh darah, otot, tulang, bagian bawah kulit, maupun dikonsumsi dengan sublingual. Belum banyak yang tahu tentang obat sublingual.

Obat sublingual adalah obat yang larut atau pecah di dalam mulut dan digunakan dengan diletakkan di bawah lidah. Tak banyak obat yang menggunakan metode ini, hanya beberapa jenis obat saja. Terutama obat yang membutuhkan proses penyerapan langsung ke pembuluh darah tanpa melalui saluran pencernaan.

 

Cara Kerja Obat Sublingual

Obat sublingual biasanya diletakkan dibawah lidah. Obat kemudian masuk ke aliran darah melalui membran lendir mulut setelah terlarut sehingga dapat diserap dengan cepat melalui pembuluh darah halus yang berada di area bawah lidah.

 

Efektifitas Obat Sublingual

Banyak penelitian menunjukkan jika konsumsi obat sublingual dapat membuat bekerja jauh lebih cepat, jika dibandingkan dengan obat non- sublingual atau yang dikonsumsi dengan ditelan. Ini karena Obat sublingual langsung diserap oleh pembuluh darah yang berada di bawah lidah.

Kandungan obat dapat lebih cepat terbawa oleh darah, dan terserap oleh organ yang membutuhkan. Selain itu kandungan obat juga tidak berkurang atau rusak karena tidak melalui first-pass metabolism atau proses pencernaan pada lambung dan liver.

Selain lebih cepat terserap, obat sublingual juga sangat dianjurkan untuk berbagai kondisi darurat, dimana pasien sudah tidak sadarkan diri maupun yang kesulitan mencerna atau menelan obat- obatan.

 

Jenis Obat Sublingual

Obat sublingual tidak banyak dipasaran. Hanya beberapa obat yang membutuhkan penyerapan cepat dengan kualitas tinggi saja yang mampu menggunakan metode sublingual. Beberapa jenis obat yang biasanya masuk dalam obat sublingual, antara lain:

  • Obat jantung (seperti nitrogliserin dan verapamil)
  • Obat golongan steroid tertentu
  • Obat golongan opiat tertentu
  • Obat golongan barbiturat tertentu
  • Enzim
  • Vitamin dan mineral tertentu
  • Obat-obatan kesehatan jiwa tertentu

 

ICP Capsule Termasuk Obat Sublingual

Salah satu keunggulan ICP Capsule adalah dapat dikonsumsi secara sublingual. ICP Capsule diproduksi menggunakan teknologi terbaik, sehingga mampu menghasilkan Dripping Pills yang dapat diserap dengan cepat dan dan efektif bekerja melalui darah halus di bawah lidah.

Kerja ICP Capsule sangat cepat. Menurut penelitian para ahli, sebanyak 40.2% pasien yang mengkonsumsi ICP langsung reda rasa sakitnya. 48.04% penderita merasa nyeri dada kirinya hilang dalam waktu 3-8 menit, dengan tingkat efisiensi mencapai 88%.

 

source : https://id.wikihow.com/Menggunakan-Obat-Sublingual

source: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-mekanisme-kerja-obat-sublingual

Artikel Terkait

20 Juni 2023

Bukan sekedar herbal biasa, setiap produk AAFARMA diproduksi oleh perusahaan farmasi berskala internasional dengan menggunakan standarisasi 6G. Mau tau apa aja? Simak Modernisasi Teknologi Herbal pada produk AAFARMA. 

2 Oktober 2023

Katup jantung saya melemah sudah sejak lama, tapi baru terasa dua tahun lalu. Gejala yang saya rasakan cepat lelah, dada sebelah kiri dan lengan atas kiri terasa pegal dan nyeri dan juga pandangan suka kabur. Setelah dua bulan minum ICP, hasilnya nyeri dada sudah hilang dan tidak cepat lelah lagi. Saya juga bisa naik turun tangga dengan leluasa.