Punya Pertanyaan? ?

Artikel

Otak Menyusut Saat Semakin Tua

15 Juni 2022
Otak Menyusut Saat Semakin Tua

Sebagai organ terpenting, otak memiliki fungsi yang sangat kompleks, mulai dari proses berpikir, menyimpan memori, hingga koordinasi gerak, saraf, dan seluruh indra.

Umumnya, berat otak manusia sekitar 1,3 kg dan memiliki sekitar 100 miliar neuron yang saling terhubung. Neuron berperan penting dalam menyimpan dan memproses informasi.

 

Perkembangan otak sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Sama seperti sel- sel lain dalam tubuh, otak juga mengalami perkembangan. Mulai dari bertambahnya massa atau berat otak, bertambahnya volume, dan berkembangnya neutron- neutron otak yang membuat sistem kerja dan daya ingat otak semakin kuat.

 

Seiring waktu, sel dalam otak akan semakin susah beregenerasi, massa otak juga semakin menurun. Secara perlahan, sel otak dan sambungan antar sel dalam otak juga akan mengalami kerusakan. Sel dan jaringan neuron otak yang rusak dan hilang, kemudian membuat massa otak perlahan menurun, sehingga otak semakin menyusut. Kondisi ini biasa disebut juga dengan Penuaan Otak.

 

Penuaan dan penyusutan otak bisa menyebabkan hal berikut:

  • Pikun atau mudah lupa
  • Menurunnya konsentrasi
  • Tidak dapat bekerja multitasking
  • Bekerja semakin lambat
  • Daya ingat menurun
  • Depresi

Selain karena faktor usia, berbagai penyebab lain yang dapat mempercepat penuaan otak yaitu merokok, gaya hidup tidak sehat, dan penyakit bawaan seperti hipertensi dan diabetes. Cara termudah untuk mencegah penuaan otak dini, atau mengatasi penuaan dan penyusutan otak adalah dengan konsumsi Relief Granules.