Punya Pertanyaan? ?

Artikel

CCCI (Chronic Cerebral Circulation Insufficiency)

4 Juli 2022
CCCI (Chronic Cerebral Circulation Insufficiency)

CCCI atau Chronic Cerebral Circulation Insufficiency adalah masalah kekurangan aliran darah ke otak, dan telah berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Penelitian medis menunjukkan bahwa penyebab utama CCCI adalah pengerasan pembuluh darah arteri di otak dan biasanya dimulai sejak seseorang berumur 35 tahun ke atas.

PENYEBAB MUNCULNYA CCCI

1. FAKTOR PEMBULUH DARAH

Pada kondisi normal, ada 2 pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak, yaitu berada di leher dan tulang belakang. Kedua arteri ini saling berhubungan dengan kepala. Fungsinya adalah untuk memenuhi kebutuhan darah pada otak. Oleh karena itu, apabila pembuluh darah tersebut mengecil atau mengeras, maka aliran darah ke otak juga mengalami gangguan (CCCI).

Penyebab utama penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang menuju otak adalah sclerotome, atau efek buruk dari penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, merokok dan asap rokok, serta minuman beralkohol.

2. KECEPATAN ALIRAN DARAH

Aliran darah ke otak akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan darah. Namun pada kondisi tekanan darah tinggi, atau mencapai angka 160 mmHg, aliran darah ke otak justru mengalami penurunan drastis. Hal ini juga terjadi apabila tekanan darah terlalu rendah, yaitu pada nilai 80 mmHg. Oleh karena itu, tekanan darah yang terlalu tinggi maupun yang terlalu rendah akan menyebabkan aliran darah ke otak tidak cukup.

1. PERUBAHAN KONDISI DARAH

Kondisi darah sangat berpengaruh terhadap sirkulasi darah, termasuk yang menuju ke otak. Perubahan kondisi darah yang bisa memicu terjadinya CCCi salah satunya adalah saat darah mengental.

Darah yang terlalu kental dapat memperlambat proses sirkulasi darah. Hal ini tentu membuat otak mengalami kekurangan darah.

 

GEJALA MUNCULNYA CCCI

  • Sering merasa pusing
  • Kepala terasa berat
  • Sakit kepala
  • Perasaan gelisah
  • Mudah marah dan panik
  • Insomnia dan banyak bermimpi
  • Kurang fokus dan daya ingat menurun
  • Gejala vertigo

 

CARA MENGATASI CCCI

CCCI bisa diatasi dengan merubah pola hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Hal ini sangat berpengaruh karena apabila nutrisi dalam tubuh terpenuhi, sirkulasi darah bisa menjadi lebih lancar. Selain itu, untuk membantu memaksimalkan supply oksigen ke otak, Sobat Sehat bisa mulai konsumsi Relief Granule.